Vaksin Covid

Vaksin Covid

Setelah mengisi semua knowledge dengan lengkap, Dinkes akan menentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk lansia. Pihak penyelenggara program menyediakan enam jalur vaksinasi untuk mobil dan 2 jalur untuk motor. Bagi pengendara motor, petugas kesehatan akan meminta calon penerima vaksin turun dari kendaraannya.

Sedangkan, vaksin sendiri merupakan zat aktif pada virus atau bakteri yang dapat menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit tertentu. Kebanyakan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntikan, tetapi ada pula yang diberikan melalui mulut , maupun semprotan ke hidung. Selain itu, terdapat pula istilah imunisasi yang berarti reaksi dari tubuh setelah mendapatkan vaksin. Dengan vaksinasi, diharapkan penyebaran virus penyebab Covid-19, yakni SARS-CoV-2, dapat dikurangi bahkan dihentikan sehingga akan terbentuk kekebalan kelompok atau sering disebut herd immunity.

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah cara untuk menggugah kepedulian dan partisipasi anak muda di program vaksinasi salah satunya dengan cara dialog. Bagi lansia yang tidak bisa memasukkan data diri secara online, mereka bisa dibantu oleh anggota keluarga atau RT/RW setempat. Nantinya, seluruh knowledge peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota setempat.

Dari segi penanganan Covid-19, kebijakan yang telah diterapkan pemerintah saat ini menghasilkan angka kasus aktif yang terus mengalami penurunan. Selain itu, bila dibandingkan dengan angka kematian rata-rata nasional, kematian lansia four kali lebih tinggi. Di rumah sakit, kematian atau fatalitas usia di atas 60 tahun sekitar 2 kali lebih tinggi dibandingkan bukan lansia yakni 32 persen berbanding 14 persen (non-lansia).

Sementara itu, registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin. Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot. Nah, penerima vaksin tahap dua ini dipilih oleh pemerintah sesuai kriteria dan prioritas. Kelompok prioritas penerima vaksin adalah penduduk yang berdomisili di Indonesia yang berusia ≥ 18 tahun.

Cara Vaksin Covid

Bagi kelompok prioritas yang mendapatkan vaksinasi gratis ini, perlu memperhatikan cara mendapatkan vaksin Covid-19 sesuai dengan Juknis, yaitu melakukan registrasi. Kamu akan menerima respons otomatis yang menanyakan konfirmasi terkait apakah seorang tenaga kesehatan, dengan berbagai pilihan menu. Gunakan 6 digit terakhir NIK untuk mendaftar dan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi. Pesan singkat itu berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal dan lokasi vaksinasi. Kelompok prioritas kelima yakni, peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran sekitar 86 juta orang dengan whole kebutuhan vaksin 173 juta dosis. Meski tak berbahaya, beberapa dokter juga meresepkan pereda nyeri apabila nyeri yang dirasakan cukup luar biasa.

Selanjutnya, calon penerima vaksin akan melaju ke pos 2 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, suhu tubuh, tingkat saturasi oksigen dan penyakit komorbid. Dalam pelaksanaannya, lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa memanfaatkan layanan aplikasi Halodoc untuk mengatur jadwal vaksinasi yang tersedia mulai Selasa ini di Jl. Pelayanan vaksinasi Gotong-Royong ini harus dilakukan di fasilitas pelayanan klesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan.

Adapun PT Bio Farma mengharapkan vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada awal Februari 2021, sedangkan EUA dari BPOM dapat dikantongi pada minggu ketiga Januari 2021. Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan saat ini pihaknya masih harus melengkapi information yang dibutuhkan untuk EUA. Bio Farma merencanakan vaksinasi Covid-19 dapat segera diberikan kepada masyarakat setelah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Sebelumnya, seperti dikutip CNN, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan tidak setuju dengan aturan yang mewajibkan vaksin virus corona (Covid-19). “Ini juga merupakan salah satu strategi kami untuk percepatan vaksinasi lansia,” kata Emma. “Lansia itukan risikonya lebih tinggi. Nah ini harapannya kan didekatkan pas buka puasa maupun sudah buka puasa,” kata Emma saat dihubungi secara daring, Selasa (20/4/2021).

Aparatur pemerintah baik di pusat maupun daerah serta anggota legislatif sebanyak 2,three juta orang dengan kebutuhan 4,6 juta dosis. Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia dilaksanakan mulai 13 Januari 2021. Orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 adalah Presiden Joko Widodo. Lalu pada 14 Januari 2021 dilanjutkan untuk kelompok pertama yang diprioritaskan mendapat vaksinasi.

Vaksin COVID-19 harus diberikan dalam 2 dosis agar bisa menghasilkan reaksi imunitas yang optimal terhadap virus Corona. Jadwal pemberian vaksin COVID-19 kedua adalah 2 minggu setelah pemberian vaksin COVID-19 dosis pertama. Mengonsumsi obat-obat tertentu, seperti ibuprofen dan paracetamol, sebelum vaksinasi diduga dapat mengurangi kerja vaksin dan menurunkan respons sistem imun tubuh terhadap vaksin. Dokter akan menilai perlu tidaknya penggunaan suatu obat dihentikan sebelum pemberian vaksin. Agar lebih aman, orang yang memiliki penyakit kronis sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin COVID-19.

Comments are closed.