Lianhua Qingwen Dapat Digunakan Sebagai Obat Covid

Lianhua Qingwen Dapat Digunakan Sebagai Obat Covid

Namun, seperti yang sudah-sudah, obat alami seperti rempah-rempah ini, bukanlah sebagai penyembuh virus corona, melainkan hanya untuk mencegah. Sehingga secara umum, rempah-rempah seperti jahe sangat bermanfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh, dan bukan untuk mengobati. Terhitung tanggal 11 Maret 2020, jumlah pasien terjangkit virus corona di Indonesia kian bertambah menjadi 34 orang.

“Madu mengaktifkan respons sistem kekebalan terhadap infeksi dan mencegah proliferasi sel. Mengontrol proliferasi sel adalah kunci untuk menghentikan virus yang mengganggu,” tulis Marengo, dilansir HealthLine. Pada 12 Januari 2021 lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta, warga yang positif Covid-19 namun tidak bergejala demam dan sesak untuk tidak ke rumah sakit, tetapi melakukan isolasi mandiri di rumah. Tidak ada alasan khusus bagi Fahmi untuk juga selalu rutin konsumsi bawang putih. “Karena bawang putih kan antibiotik lawan kuman dan virus. Mungkin, bisa melawan penyebaran virus. Dengan rutin itu, gejala lain yang saya khawatirkan itu tidak muncul. Seperti batuk, sakit tenggorokan, atau sesak napas,” jelasnya.

Kejadian ikutan pascaimunisasi merupakan reaksi alamiah dan kejadiannya tidak lebih tinggi daripada saat uji klinis fase 1, 2, maupun 3. Melbourne kembali menerapkan kebijakan penguncian ketat atau lockdown untuk kali keempat setelah kasus virus corona atau Covid-19 meningkat. Hal itu disebut sebagai langkah yang gegabah lantaran obat buatan Baba Ramdev dinilai belum teruji secara medis. Dilansir BBC, para dokter di negara itu juga mengecam Baba Ramdev karena melontarkan pernyataan kontroversial yang menentang pengobatan modern. Dilansir Tempoyang mengutip Reuters,negara bagian Haryana di India bahkan mulai membagikan obat tersebut lantaran diklaim mampu menyembuhkan Covid-19. Selain itu, ia meminta masyarakat untuk tidak cepat percaya dengan berbagai promosi produk natural yang kurang jelas kandungan didalamnya.

Pramono mengatakan terdapat sejumlah tantangan dalam pengujian natural sebagai obat, termasuk Covid-19. Pertama harus ada data information secara empirik akan penggunaan bahan natural tersebut. Selanjutnya perlu melewati sejumlah proses pengujian panjang mulai dari uji antiviral through docking, in vitro, farmakokinetik in vivo hingga uji klinik on top. Tak hanya itu, optimasi efek imunostimulan melalui penelusuran ekstrak, fraksi hingga islolat aktif secara in vitro dan invivo serta penyiapan sediaan untuk uji klinis. Berbagai penelitian dilakukan oleh banyak pihak untuk mencari obat yang ampuh untuk membunuh virus corona jenis baru ini, termasuk dari bahan herbal. Belum ada obat yang benar-benar efektif untuk mengatasi infeksi virus Corona atau COVID-19.

Obat alami untuk covid

Sebagai contoh daun kecubung yang digunakan sebagai bronkodilator digunakan dengan cara dihisap. Namun apabila daun kecubung dikonsumsi dengan cara diseduh justru akan menyebabkan mabuk. Selain dosis dan takaran untuk mengonsumsi tanaman obat harus tepat, waktu penggunaan juga harus tepat untuk meminimalisir efek samping yang timbul. Kunyit yang dipercaya dapat mengurangi nyeri pada saat haid justru dapat menyebabkan terjadi keguguran apabila dikonsumsi pada awal masa kehamilan. Oleh karenanya, efek dari tanaman obat sangat dipengaruhi oleh ketepatan waktu penggunaan.

Comments are closed.