Kenali Ciri

Kenali Ciri

Seperti, mempertanyakan persepsi dirinya sendiri, meminta maaf walaupun bukan pihak yang berbuat salah, memaklumi tindakan buruk pelaku. Korban gaslighting juga merasa tidak bahagia tanpa tahu dengan jelas alasannya, serta sulit mengambil keputusan, meskipun dalam hal-hal sederhana. Bila kebohongan tersebut membuat korban meragukan dirinya sendiri, maka hal itu disebut sebagai gaslighting. Namun, bila kebohongan itu bukan untuk melemahkan self-trust salah satu pihak, contohnya, suami memuji istrinya pintar masak, sehingga membuat hubungan menjadi harmonis, maka tidak disebut gaslighting,” tuturnya.

Apa itu gashlighthing

Apabila ada pertengkaran antara pelaku gaslighting dan kekasihnya, ia pasti akan menyerang dengan hal negatif. Misalnya jika Anda adalah orang miskin dan tidak memiliki paras yang rupawan, hal ini akan terus diungkitnya. Tujuannya agar Anda merasa diri kurang sempurna sehingga selalu bisa Casino Online memaafkan segala hal yang kurang baik darinya. Seorang gaslighter cenderung mengontrol cara berfikir korbannya untuk mendapatkan yang diinginkan tanpa harus meminta atau mengkomunikasikannya secara langsung. Dari sini, pelaku gaslighting jelas berasal dari rasa ego yang berlebih.

Bagaimanapun juga, semua keputusan berada di tangan korban,” jelasnya. Terapi ini diterapkan untuk mengembalikan kendali atau kontrol atas tindakan dan respon emosionalnya, dengan cara mengelola kesalahan-kesalahan berpikir yang terjadi selama berada pada hubungan gaslighting. Target akhirnya adalah meningkatkan keyakinan pada diri sendiri,” jelasnya. Pada tahap ini, korban menerima tuduhan pelaku tanpa membela diri, bahkan mencoba secara aktif membuktikan bahwa tuduhan-tuduhan tersebut memang benar adanya. Tapi anehnya, kebohongan yang mereka katakan biasanya udah jelas merupakan kebohongan, tapi mereka bisa mengatakannya dengan muka yang datar.

Pelaku gaslighting tahu kalau mereka mempertanyakan kewarasanmu, orang-orang tak akan percaya kalau kamu bilang si pelaku bersikap abusif dan manipulatif. Pelaku gaslighting yang jago manipulasi tahu caranya menemukan orang yang akan membela mereka mati-matian dan tak ragu menggunakan mereka untuk melawanmu. Hal ini banyak dilakukan oleh public determine atau influencer dengan followers atau penggemar yang banyak plus fanatik.

Jika iya, berarti kamu terjebak dalam hubungan manipulatif atau tepatnya dalam bentuk gaslighting. Demikianlah fenomena gaslighting yang berlangsung pada hubungan yang tidak sehat. Dilansir dari Psychologytoday,langkah paling baik untuk bisa sembuh setelah jadi korban adalah dengan cara belajar menyadari pola tindakan atau dari orang yang menjadi pelaku. Alhasil istri jadi mempertanyakan diri sendiri terus menerus tentang perasaan, pandangan, dan juga ingatannya. Sebagai korban gaslighting, istri pun makin tidak nyaman dengan kehidupannya. Pada dasarnya,gaslighting adalah taktik seseorang untuk mengontrol orang lain.

Istilah “gaslighting” berasal dari sebuah movie yang berjudul “Gaslight”. Dalam movie tersebut, suami licik yang diperankan oleh Charles Boyer memanipulasi dan menyiksa istrinya untuk meyakinkan istrinya bahwa dia akan gila. Hati-hati, korban gaslighting bahkan bisa mempertanyakan kewarasan pikiran mereka, jika sudah “terkubur” dalam “alunan” gaslighting dari pelaku. Gashlighting termasuk ke dalam gangguan psikologis yang disebut dengan narcissistic personality disorder , yaitu gangguan kepribadian yang merasa dirinya lebih penting dari orang lain.

Benih tersebut pelan-pelan bisa menyebabkan disonansi kognitif yang akan membuat korban mempertanyakan nilai serta harga dirinya sendiri, lho. Pastikan untuk mengecek kesehatan psychological kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Semua ini dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan mental dan harga diri seseorang. Hal itu juga dapat mempersulit individu untuk meninggalkan situasi yang menyiksa.

Pada dasarnya, gaslighting ini memang membuat kamu kesulitan untuk memercayai diri sendiri. Maka dari itu, saat kamu terus bertanya-tanya apakah kamu mulai kehilangan diri sendiri dan tidak yakin apakah yang kamu rasakan benar atau tidak, yakinlah bahwa kamu sedang mengalami gaslighting. Gaslighting ini biasanya melibatkan ketidaksetujuan dengan orang lain atau menolak untuk mendengarkan pendapat mereka. Kamu mungkin sudah sering melakukannya hanya agar tidak dikatai salah.

Sangat mungkin untuk jatuh hati pada seseorang dan menyadari mereka melakukan gaslighting setelah satu atau dua kali kencan. “Jika orang yang berbohong begitu percaya diri dan tidak tergoyahkan, itu menjadi perjalanan pikiran yang nyata,” kata McNulty. Dalam tahap ini, Anda harus memberi jalan pada diri sendiri untuk merasakan apa yang Anda rasakan untuk membuat Anda merasa lebih baik tanpa campur tangan hal-hal manipulatif yang orang lain coba beritahu tentang Anda.

Comments are closed.