5 Tips Agar Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan Di Tengah Pandemi » Solopos Com

5 Tips Agar Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan Di Tengah Pandemi » Solopos Com

Lakukan beberapa cara berikut agar daya tahan tubuh kamu semakin kuat menahan paparan virus corona. Dampak pandemi Covid19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pemenuhan nutrisi, terutama bagi anak-anak. Harus diakui, masa pandemi, menjadi tantangan besar bagi seluruh keluarga dalam menyediakan makanan bergizi dan seimbang. Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa peralatan makan sendiri saat kembali bekerja. Hal ini dikarenakan peralatan makan yang berada di tempat umum belum dapat terjamin.

Upayakan untuk mengikuti pedoman Gizi Seimbang, perbanyak makan buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat dan jangan merokok, serta jangan minum minuman beralkohol. Jika mengetahui ada orang yang sakit, walaupun orang penting, atau teman, keluarga, maka menjauhlah dari mereka; kecuali jika memang benar benar perlu maka pakai masker dan gunakan protokol kesehatan. Dan jika harus berinteraksi dengan mereka, jangan berdiri terlalu dekat.

Akan tetapi, masih ada pilihan makanan sehat yang tidak kalah praktis dan murah untuk disajikan. Simak lima kiat berikut untuk memastikan anak-anak kita mendapatkan makanan bervariasi dan bergizi untuk tumbuh kembang optimum dan membangun kebiasaan makan sehat. Makan tepat waktu mampu menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah virus masuk. Banyak orang mengira bahwa berbuka puasa dengan hidangan manis adalah sunnah yang sebaiknya dilakukan di bulan Ramadan. Berdasarkan Hadits Riwayat Ahmad, Abu Daud, sanadnya shahih, Rasullulah SAW menganjurkan umat-Nya berbuka puasa dengan kurma basah .

Saat di rumah saja, orang cenderung lebih banyak duduk atau berbaring dan makan seenaknya. Akan tetapi hal itu jangan sampai membuat Anda melupakan aktivitas fisik karena dapat memperburuk kondisi kesehatan. Lemak baik yang ditemukan dalam kacang dan biji-bijian, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, serta buah seperti alpukat dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun. Perbanyaklah makan buah dan sayur yang kaya vitamin serta antioksidan untuk membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Tukar makanan berlemak trans dengan makanan sumber lemak baik seperti kacang-kacangan dan ikan laut.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Jika kamu ingin berolahraga di luar rumah atau ruang publik, jangan lupa untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Makanya, untuk menjaga kesehatan anak, sebaiknya Moms ajak Si Kecil untuk berolahraga di luar rumah, setidaknya satu kali sehari, saat cuaca mendukung. Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat.

Comments are closed.