10 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Di Bulan Puasa Ditengah Pandemik Covid

10 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Di Bulan Puasa Ditengah Pandemik Covid

Protokol new normal atau regular baru sudah diberlakukan di Indonesia. Namun, pandemi sebenarnya belum berakhir sehingga daya tahan tubuh perlu ditingkatkan. Apa yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga daya tahan tubuh anak? Pandemi Covid-19 memang membawa berbagai perubahan dalam hidup setiap individu. Baik dari aktivitas, seperti bekerja – maupun kegiatan belajar mengajar yang lebih sering dilakukan di dalam rumah. Dewasa ini, masyarakat sangat memprioritaskan kesehatan dan kebersihan.

Untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan seminar Bicara Sehat selanjutnya dapat dipantau melalui media sosial RSUI. Memasak dan makan bersama adalah cara yang sangat baik untuk membangun rutinitas keluarga yang sehat, menghangatkan hubungan keluarga, dan bersenang-senang bersama. Setiap kali ada kesempatan, minta anak untuk membantu memasak dan menyiapkan makanan. Anak yang lebih kecil dapat membantu mencuci atau memilah bahan makanan, sementara anak yang lebih tua diberikan tugas yang lebih sulit dan diminta menata meja. Dalam situasi sulit ini, dapat dimengerti jika orang tua cenderung mengandalkan makanan siap saji atau makanan olahan sebagai pilihan cepat dan terjangkau.

Pasalnya, alkohol tidak memiliki manfaat kesehatan dan malah semakin meningkatkan risiko penyakit tertentu apabila dikonsumsi. Angka kasus penularan Virus Corona di Indonesia masih terbilang tinggi. Agar keluarga tetap sehat, menjaga pola makan selama pandemi pun penting dilakukan. “Tidak hanya four poin tersebut, dalam melakukan latihan fisik yang aman kita juga harus menerapkan prinsip BBTT .

Seperti vitamin C yang berguna untuk daya tahan tubuh, bisa didapatkan dari buah jeruk dan strawberi, serta sayur bayam, paprika merah, dan brokoli. Vitamin A juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas bisa didapatkan dari wortel, labu kuning, dan ubi. Konsumsi vitamin dan suplemen bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah. Tidak ada larangan untuk tetap melakukan olahraga saat menjalankan puasa. Suplemen khusus Ramadan berupa multivitamin yang dibutuhkan tubuh meliputi vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit .

Dokter Ika mengatakan bahwa gejala sakit lambung/ GERD justru menjadi berkurang setelah berpuasa, karena saat berpuasa pola makan menjadi lebih teratur. Dokter Ika menyarankan untuk mengatasi gejala GERD hindari tidur atau rebahan setelah makan. Tetap menjaga kebersihan secara keseluruhan bertujuan untuk mencegah risiko infeksi berbagai penyakit, sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui, pola hidup bersih dan sehat – merupakan kebiasaan baik yang memiliki banyak manfaat baik. Dengan melakukan cara cara tersebut, maka tubuh pun akan terhindar dari virus yang berbahaya ini. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila Anda tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Terkadang tidur, makan dan bekerja saja tidak bisa mengobati rasa bosan sampai stress karena terlalu lama di dalam rumah. Biar pikiran tidak semakin suntuk cobalah untuk mencari beberapa hobi yang bisa dinikmati walau di dalam ruangan sekalipun.

Menurut dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM ini menganjurkan agar selalu makan makanan bergizi, berimbang dan bervariasi. Dalam satu piring makan, porsi makanan yang paling sederhana yang diperlukan yaitu sepertiga nasi, seperti sayur, sepertiga lagi terdiri dari lauk dan buah. Manfaat pola hidup sehat yang kedua adalah mampu membuat usia lebih panjang.

Bila tak ada kurma basah, kamu bisa menggantinya dengan kurma kering . Kalau tak ada kurma kering, air putih pun sudah cukup untuk membatalkan puasa. Kalbe Farma telah merilis produk Prove D3 Drops untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak Anda.

Comments are closed.