Yuk Lawan Gaslighting, Jangan Mau Jadi Korban ! Berikut Ini Tipsnya

Yuk Lawan Gaslighting, Jangan Mau Jadi Korban ! Berikut Ini Tipsnya

Namun ketika gaslighting sudah sering dilakukan, hal tersebut bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Seiring dengan berjalannya waktu, gaslighting bisa menimbulkan dampak yang sangat besar bagi seseorang dan hubungan yang sedang dijalani. Tentu saja hal ini menimbulkan bahaya yang diam-diam tidak hanya menghancurkan hubungan, melainkan juga menguras emosi korban. Gaslighting bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pasangan, teman, hingga atasanmu di kantor.

Apa itu gashlighthing

“Seringkali, orang tidak menyadari bahwa gaslighting sedang terjadi, karena itu adalah bentuk manipulasi yang halus dan tidak langsung,” kata Gordon. Menutup atau hanya tidak mengidentifikasi bendera merah pada dasarnya memungkinkan perilaku ini berlanjut. Dilansir dari psychologytoday.com, gaslighting adalah bentuk manipulasi psikologis yang digunakan dalam hubungan dengan tujuan mempertahankan kendali atas orang lain dan membuat korban mempertanyakan realitas mereka. Gaslighting adalah bentuk kekerasan emosional yang seringkali terjadi dalam hubungan percintaan, pertemanan, bahkan di lingkup keluarga.

Begitu juga korban gaslighting yang kerap tidak menyadari bahwa mereka merupakan korban dari kekerasan emosional atau mental dalam satu hubungan. Sebab, kekerasan tipe ini tidak meninggalkan bekas yang bisa dilihat kasat mata. Namun, berdampak dalam jangka waktu panjang, terutama pada mental seseorang. Pada titik tertentu dalam hubungan, mungkin Kamu mungkin mulai percaya bahwa Kamu tidak cukup berusaha. Pasangan Kamu telah menyangkal, mengecilkan, atau menyalahkan Kamu ketika Kamu mencoba untuk menyuarakan kekhawatiran yang dirasakan. Diingatkan oleh Rosenberg bahwa dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan akan membuat kesalahan dan kedua pasangan akan meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan.

Gaslighting bisa terjadi dalam banyak jenis hubungan, termasuk dengan bos, teman, dan orang tua. Tapi salah satu bentuk gaslighting yang paling merusak adalah ketika terjadi dalam hubungan antara pasangan. Sebagai makhluk sosial, memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain menjadi sangat penting jika ingin memiliki mental Kong4D yang sehat. Jika Socconians merasa sebagai korban gaslighting dalam suatu hubungan dan merasa tidak bisa menyelesaikannya sendiri, mintalah bantuan teman, keluarga, psikolog, atau psikiater untuk keluar dari hubungan tersebut.

Jika hal tersebut terus berlanjut, jangan ragu untuk segera membuat janji dengan psikolog dan menjalani konsultasi. TampilCantik.com adalah Portal Wanita Indonesia yang menyajikan berbagai suggestions & trik untuk selalu tampil cantik, data way of life dan kesehatan, tutorial make-up dan trend, serta kumpulan evaluation produk dari blogger Indonesia. Visi kami adalah membuat semua wanita Indonesia menjadi lebih cantik dan percaya diri. Selalu berusaha mengikuti permintaan si pelaku, contohnya meminta maaf walaupun sebenarnya kamu tidak salah. Jika Anda merasa mengalami gaslighting, McNulty menyarankan untuk menceritakan kepada orang yang dipercaya.

Comments are closed.