Tips Tetap Sehat Hadapi Musim Hujan Di Masa Pandemi Covid

Tips Tetap Sehat Hadapi Musim Hujan Di Masa Pandemi Covid

Dikutip dari situs resmi WHO, sampai sekarang para ahli masih mempelajari dan memahami dampak infeksi Covid-19 pada ibu hamil. Satu hal yang bisa dipastikan bahwa belum ada bukti kuat yang menyatakan ibu hamil lebih berisiko terkena penyakit parah, termasuk Covid-19, dibandingkan populasi umum. Saat berbelanja, mulailah memilih produk yang berkemasan kotak kardus atau kertas dan jauhi produk berkemasan plastik.

Mayoritas orang saat ini mengalami perubahan rutinitas harian seperti bekerja dari rumah, sekolah daring, pengangguran, dan larangan bepergian. Walau pada akhirnya semua harus beradaptasi dengan gaya hidup baru tersebut, akan tetapi kecemasan dan ketakutan tidak bisa dipungkiri dapat hadir dalam hati. Remaja juga disarankan aktif dalam intensitas sedang atau kuat secara fisik 60 menit per hari, termasuk rutin olahraga untuk memperkuat otot dan tulang mereka three hari per pekan. Mengurungkan niat untuk mudik tidak akan mengurangi kesucian bulan penuh berkah ini. Kamu justru melakukan perbuatan yang baik karena melindungi keluargamu dan orang lain dari risiko terinfeksi virus Corona. Namun, jika kamu masih merasa ragu bahwa pemberian vaksin dapat membatalkan puasa, kamu bisa melakukannya saat malam hari, setelah berbuka puasa, atau usai menjalankan salat tarawih.

Kamu tidak bisa melakukansocial distancingdi dalam transportasi umum. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan, sehingga rawan terjadi penularan virus corona. Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll.

Suasana yang nyaman juga mencakup tentang kerapihan dan kebersihan tempat belajar. Usahakan meja belajar dan lingkungan sekitar selalu bersih, buku-buku dan alat tulis tertata rapi. Apabila temper belajar telah rusak, maka si anak akan malas unuk melanjutkan belajar. Agar semangat belajar tetap terus ada, maka setiap anak harus memiliki motivasi yang kuat, tidak menjadikan aktifitas tersebut menjadi beban. Namun, selama pandemi, si anak harus melakukan berbagai aktifitasnya dirumah. Belum lagi adanya pembatasan diri untuk menghindari kerumunan atau berjaga jarak pastinya menambah kejenuhan bagi setiap anak.

Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan keringkan dengan kain bersih. Walaupun bekerja dari rumah, tapi istirahat dan tidur jadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Setelah berpuasa selama kurang lebih 12 jam, konsumsi air mineral sangat dibutuhkan untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang dan menjaga sistem imun agar tidak cepat dehidrasi. Aktifitas fisik selama 30 hingga 60 menit secara rutin akan membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Olahraga selain menyehatkan tubuh juga dapat meningkatkan imun Anda. Aktifitas sehat bisa dilakukan di rumah, jalan kaki, lari dan senam ringan di sekitar perkarangan rumah.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Agar tidak stres, pilih satu kegiatan baru sesuai minat kamu setiap harinya untuk tetap menjaga mood. Cara paling mudah adalah dengan melakukan hobi, seperti memasak, membuat prakarya, berkebun, hingga menjahit. Meski disarankan untuk tetap berada di rumah, bukan berarti kamu tidak melakukan apapun dan meninggalkan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan selama masa karantina berlangsung. Yoga salah satu olahraga yang bisa kamu pilih untuk mengembalikan fleksibilitas sendi juga otot selama aktivitas harian berkurang. Atau kamu bisa memasang alarm di smartphone yang mengingatkanmu untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Usahakan ketika mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan dari kuman penyebab penyakit. Yang terakhir pastinya tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus, sehingga Anda dapat menunaikan ibadah puasa dan merayakan bulan Ramadan dengan lancar. Jangan lupakan air putih, vitamin atau suplemen, juga istirahat yang cukup.

Comments are closed.