Suplemen Alami Bisa Menjaga Imun Tubuh

Suplemen Alami Bisa Menjaga Imun Tubuh

Kemudian saat usia balita, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah selama 12–13 jam. Di usia lima tahun ke atas, anak membutuhkan waktu tidur 10 jam sehari. Di era new regular ini, sebagian besar masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, agar terhindar dari paparan virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ditambah lagi ibu hamil merupakan kelompok yang rentan untuk terinfeksi virus. Mama hanya perlu lebih ekstra dalam menjaga kesehatan, termasuk menjaga pola makan. Stres kronis bisa melemahkan sistem imun dan membuat kita berisiko dengan mengurangi nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung sel sehat kita. Jika sistem imun bertemu dengan patogen, seperti bakteri, virus, atau parasit, imun akan meningkatkan responnya. Selain mengenali serta menghancurkan benda asing yang masuk, sistem imum juga mengenali dan membersihkan sel mati.

Salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Tubuh dengan imun yang kuat akan sangat sulit tertular dari penyakit-penyakit apa pun. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara regular dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Kayu manis bisa dibeli dalam bentuk kulit kering, bubuk, ekstrak cairan, dan minyak atsiri. Lalu pada penelitian tabung percobaan mencatat bawang putih memiliki aktivitas sebagai antivirus yang melawan influenza A dan B, HIV, virus pneumonia dan rhinovirus penyebab flu biasa. Penelitian pada hewan tabung reaksi menunjukkan bawang putih meningkatkan respon sistem kekebalan dengan merangsang sel pelindung dari infeksi virus.

Karena sel-sel ini bisa langsung bereaksi untuk membunuh sel yang terinfeksi tanpa harus melakukan aktivasi, makanya disebut sel pembunuh alami atau sel NK . Sedangkan peradangan merupakan tanggapan atau respon tubuh terhadap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Peradangan dapat dicirikan dengan adanya pembengkakan, demam, bisul maupun gatal-gatal.

Pasalnya vitamin dan mineral yang terkandung dalam dua jenis bahan makanan ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk tubuh. Sistem imun yang baik bisa membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, sistem imun tubuh harus dijaga mengingat sedang maraknya virus Corona seperti sekarang. Penyebaran virus corona di berbagai dunia kian meningkat, baik dari jumlah kasus maupun korban jiwa. Larangan untuk tidak beraktivitas di luar rumah salah satu pencegahan penyebaran mata rantai Covid-19.

Cara meningkatkan imunitas saat puasaramadhan yang pertama adalah dengan memperhatikan pola makan. Hampir 80% sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu, sangat penting menjaga imunitas dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh bisa tetap sehat. Perbanyak makan protein seperti ikan laut dan daging, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Jahe memiliki kandungan vitamin C, magnesium, gingerols, zingerones, dan beberapa kandungan lainnya yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan-bahan kandungan ini pun juga kaya antioksidan sehingga bisa menangkal radiasi virus dan bakteri. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, saat sistem imun ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Sayur tersebut dapat kamu konsumsi setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang bagi tubuh. Selain vitamin C, cara meningkatkan imun tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Diperkaya dengan kandungan kurkumin, protein, karbohidrat, sesmetoksikumin, resim, pati, vitamin c, antioksidan, fosfor, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Gunakan Kunyit sebagai bahan masakan atau kamu bisa meraciknya menjadi minuman yang lezat. Rokok dikaitkan dengan penyakit paru, kanker paru, dan penyakit jantung koroner. Dalam kaitannya dengan sistem imun, rokok dapat mengganggu berbagai sel imun, seperti sel CD4+, sel T-helper, sel limfosit B, dan sel limfosit T memori. Menghabiskan waktu di rumah akan lebih memudahkan Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan makanan bergizi. Sistem imun yang sehat juga akan memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi.

Comments are closed.