Solusi Menghindari Phk Pada Saat Pandemi Corona

Solusi Menghindari Phk Pada Saat Pandemi Corona

Menurut survei terbaru, 46-48% orang akan lebih sedikit melakukan consuming out dan hangout di cafe karena adanya wabah. Ini belum termasuk pemberlakuan PSBB yang kian ketat, yang meminta mereka hanya melayani take away, dan membatasi jam operasional. Ada yang meraup untung karena produknya jadi yang paling dicari selama masa pandemi, ada yang harus merubah pola bisnisnya untuk menjaga ‘dapurnya tetap ngebul’, ada pula yang justru ambruk tak berdaya.

Salah satu faktor yang menyebabkan usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa pandemi adalah karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun. “Dampaknya tentu besar, terutama resesi mencerminkan kegiatan ekonomi yang terkontraksi yang utamanya dari sisi konsumsi rumah tangga. Karena 60 persen ekonomi kita dari konsumsi,” tambahnya. Suhariyanto menambahkan jenis usaha yang mengalami penurunan pendapatan antara lain usaha makanan-minuman, transportasi dan pergudangan, konstruksi dan industri pengolahan.

Banyak perusahaan tutup karena covid

“Terima kasih juga tentunya disampaikan kepada ratusan juta rakyat Indonesia lainnya yang taat peraturan PPKM, tinggal di rumah, mengurangi mobilitas, dan memperketat protokol kesehatan baik di tempat umum maupun di keluarga,” ujarnya. Untung Jaya Bangas, Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, menyatakan kurang setuju dengan kebijakan tersebut. Karena menurutnya, itu hanya mampu mengatasi masalah kerusakan jalan, namun tidak dengan dampak lainnya. “Sebagai mantan Ketua Umum Kadin Provinsi, saya merasakan betul bahwa menjadi pengusaha kecil dan menengah saat ini tidaklah mudah. Karena pengusaha kecil dan menengah hampir mayoritas mengandalkan transaksi langsung dalam sebuah market house atau pasar,” ucap mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu.

Selain bantuan untuk UMKM, melalui program kemitraan ini Fraksi PKS juga telah menggulirkan bantuan ekonomi keluarga berupa Warung Modern dan Warung Pintar serta bantuan pendidikan untuk lembaga-lembaga PAUD di wilayah Jakarta Timur. “Ini berkenaan dengan nyawa orang. Masa sedang dalam kondisi seperti ini kalian masih pakai jadwal tutup sampai jam 4. Apa perlu saya bayar duit lembur kalian untuk hal ini?” katanya. UMKM yang biasanya lebih tahan terhadap gejolak ekonomi, saat ini juga turut mengalami tertekan.

Saat 2020 lalu, sambung Popon, hampir semua negara mengalami kondisi pandemi yang parah, termasuk di negara-negara tujuan ekspor seperti Eropa dan Amerika Serikat. Sehingga ketika di negara produsen, termasuk Indonesia, mengalami masalah produksi atau keterlambatan delivery, relatif tidak terlalu menjadi masalah karena negara tujuan ekspornya pun sedang dilanda pandemi. “Masalahnya bukan kita tidak setuju pembatasan dan protokol kesehatan, kita mendukung upaya itu. Namun apa jaminan pemerintah ketika rakyat harus menjalankan prokes,” tanya Popon. “Coba hitung biaya beli masker saja setiap hari berapa? Sementara banyak rakyat yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan.” SUKABUMIUPDATE.com – Presiden Joko Widodo memutuskan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021, setelah sebelumnya berjalan dari three hingga 20 Juli.

Bahkan, banyak perusahaan yang tutup dan para buruh tidak mendapatkan hak pesangon. Maka perpanjangan PPKM ini, lanjutnya, jika tanpa method yang tepat dari pemerintah maka akan membuat hidup jutaan buruh semakin susah. Tidak jauh berbeda dengan sektor pariwisata dan resort, bisnis penerbangan pun ikut merugi selama pandemi virus Corona. Hal ini disebabkan karena beberapa negara mengambil kebijakan lockdown untuk melindungi warga dan negaranya dari infeksi virus Corona. Hal ini tentu berbeda dari aturan yang ada yaitu Peraturan Presiden Nomor seventy Judi Online eight Tahun 2015 tentang Pengupahan dimana setiap pengusaha wajib membayar THR a hundred persen bagi pekerja yang memiliki masa kerja di atas 1 tahun. Sementara itu Perbekel Sebatu, I Wayan Tangsi Asrama menyampaikan, dampak dari Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas warganya.

Comments are closed.