Mengenal Teori Konspirasi Dan Cara Berpikir Kritis Dari Bapak Tangguh Chairil Bagi Masyarakat Agar Tidak Terjebak Hoax

Mengenal Teori Konspirasi Dan Cara Berpikir Kritis Dari Bapak Tangguh Chairil Bagi Masyarakat Agar Tidak Terjebak Hoax

Ia sendiri merasa gemas dengan masyarakat yang acuh tak cuh terhadap pandemi ini, dan justru merugikan orang lain. Haedar juga berpesan bahwa segala pernyataan akan dipertanggungjawabkan di akhirat sehingga berbagai pernyataan yang menggampangkan pandemi seperti pendapat untuk takut kepada Allah saja daripada Covid-19 pun akan memiliki hisab yang berat. Demi meredam risiko penularan pandemi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar . Selama berlangsungnya masa PSBB, kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan di sekolah kini dialihkan ke rumah masing-masing. Untuk menunjang aktivitas pembelajaran online, Jakarta Smart City bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta berkolaborasi dengan Sekolah.mu dalam menyediakan materi belajar digital yang bisa diakses secara free of charge oleh guru dan siswa. “Pisahkan unta yang sakit dan sehat karena yang sakit bisa menular. Kalau suatu kampung ada wabah yang di luar jangan masuk dan yang di luar juga jangan masuk agar tidak saling menulari,” jelas Mahfud.

Salah satunya yang diungkap oleh drummer Superman Is Dead , Jerinx. Baru-baru ini, musikus asal Bali itu mengunggah soal teori konspirasi mengenai virus corona di media sosial pribadinya. Bukan hanya Jerinx, tak sedikit orang yang percaya dengan konspirasi virus corona. Di Inggris, warga yang percaya dengan konspirasi ini pun ikut mengaspirasikan keyakinannya itu dengan membakar sejumlah menara 5G. Wakil Presiden , Maruf Amin, menyebut kejadian ini tak lepas dari para penggemar teori konspirasi yang marak di media sosial. Akibatnya, banyak orang yang tak percaya bahwa penyebaran Covid-19 itu masih terjadi.

Rasa aman menjadi sebuah kebutuhan penting bagi warga di kota sebesar Jakarta. Oleh sebab itu Pemprov DKI Jakarta menggandeng perusahaan startup PT Indonesia Lebih Aman untuk menghadirkan aplikasi Jakarta Aman. Fitur utama yang terdapat di dalamnya berupa panic button untuk sistem pertolongan dengan warga sekitar yang terdaftar dan layanan darurat 112. Seiring dengan perkembangan kasus COVID-19, Jakarta Aman memperluas fungsinya dengan penambahan fitur pelaporan untuk warga yang terpapar oleh wabah tersebut. Insan-insan terbaik Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di Harvard University, Amerika Serikat, ikut membantu upaya Pemprov DKI Jakarta dengan mengembangkan COVID-19 Likelihood Meter untuk melancarkan pelaksanaan speedy testing.

Mengapa banyak konspirasi mengenai covid

Kondisi saat ini dibuktikan dengan knowledge yang riil dan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Contohnya, sampel virus diberikan kepada negara maju, tetapi vaksin tidak didistribusikan ke negara berkembang. Negara kaya sibuk menimbun vaksin untuk berjaga-jaga saat wabah melanda. Hal tersebut ditulis oleh Siti Fadilah dalam buku berjudul It’s Time For The World To Change. “Maka bersama ini saya sampaikan kewaspadaan terhadap hal tersebut. Untuk menghadapi wabah corona di Indonesia, sebaiknya pemerintah tidak menggunakan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan farmasi yang berkaitan dengan Bill Gates,” tegasnya.

Selain itu, riset Ipsos Mori menunjukkan, pengguna YouTube dan Facebook yang percaya konten konspirasi corona lebih banyak ketimbang media sosial lain. Berdasarkan survei per Mei lalu itu, 30% pengguna web di Inggris percaya bahwa virus corona berasal dari laboratorium. Dalam penelitiannya, Amelinda menandaskan informasi media sosial sangat berpengaruh terhadap opini masyarakat Indonesia. Terlepas dari latar belakang yang dimiliki, masih saja terdapat masyarakat yang terpapar pusaran berita palsu ataupun teori konspirasi yang beredar di sosial media.

Sebab, Muhammadiyah memiliki karakter keilmuan yang kuat dibandingkan dengan sikap emosional semata. Karenanya, anggapan satu dua ilmuwan yang menyelisihi kebenaran common dianggap tidak mampu membatalkan kebenaran ijtihad jama’i. Hal inilah yang turut berlaku untuk menanggapi satu-dua oknum ‘ilmuwan’ yang menggaungkan tema konspirasi. MUHAMMADIYAH.ID, KUNINGAN – Para ilmuwan dikenal sebagai kelompok yang memiliki standar ketat dalam memutuskan perkara. Untuk menyepakati satu hal tertentu, para ilmuwan memakai kesepakatan yang kebenarannya berlaku universal di semua tempat (ijtihad jama’i).

Pengamat terorisme dan intelijen dari Universitas Indonesia Ridwan Habib mengatakan, tak sepatutnya teori konspirasi terkait Covid-19 jadi dasar perdebatan ilmiah. Teori konspirasi lazimnya muncul pada masa ketidakpastian atau setelah peristiwa-peristiwa tragis berskala besar. Situs Slot Gacor Menurut psikolog sekaligus pendiri Psych Central, John Grohol, para kreator teori konspirasi memanfaatkan gagasan apa pun yang mereka punya untuk disesuaikan dengan fakta yang ingin mereka percayai. Yayasan milik Bill Gates memang tengah merampungkan pembuatan vaksin Covid-19.

Ketua Komite Cek Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Ariwibowo Sasmito mengatakan teori konspirasi sangat mirip dengan hoaks. Terlepas dari berita tidak mendasar tersebut, Direktur Eksekutif American Public Health Association Dr. Georger Benjamin tidak mengetahui adanya mikrochip yang cukup kecil untuk disuntikkan ke dalam vaksin. Dia mengatakan pengujian dan vaksinasi adalah cara pasti untuk melindungi orang dari Covid-19.

Comments are closed.