Jateng Tanggap Covid

Jateng Tanggap Covid

Pada 2020 bisnis Hertz sempat membaik pada Januari dan Februari, namun kemudian terpukul pandemi yang menghentikan sektor pariwisata dan turis, pasar utama bisnis rental mobil. Belum lagi dengan adanya virus Corona yang membuat permintaan pakaian kerja formal menurun karena masyarakat banyak bekerja dari rumah. Upaya pembatasan sosial ini sangat berdampak pada sektor ritel, karena tidak mendapatkan untung dari penjualan di tokonya. Alhasil, sederet perusahaan ritel pun telah mengajukan kebangkrutan dan menutup toko-tokonya. Virus Corona yang telah melanda sejak awal tahun memberikan pukulan telak ke dunia bisnis. Pembatasan sosial diberlakukan di seluruh penjuru dunia demi menekan laju penyebaran virus ini.

Usaha lainnya yang juga mengalami peningkatan pada masa pandemi yaitu usaha tanaman hias dan kuliner. Intinya adalah pada setiap musibah atau kejadian akan selalu ada hikmah yang dapat kita petik. Data yang didapat dari Asosiasi Tol Indonesia , lalu lintas harian di seluruh tol mengalami penurunan sekitar 40% hingga 60% tercatat sejak Maret 2020. Para pelaku usaha tetap bertahan memberikan pelayanan terhadap konsumen, dengan catatan tidak melanggar aturan pemerintah. Seperti tidak berjabat tangan, menerima konsumen bergerombol, serta memberikan fasilitas cuci tangan di tempat kerja.

Banyak perusahaan tutup karena covid

Sejumlah perusahaan membuat berbagai kebijakan untuk mempertahankan bisnisnya. Mulai dari tak melakukan produksi, menutup sementara usahanya, bahkan pemutusan hubungan kerja beberapa karyawannya karena kesulitan cash move. Jika setiap perusahaan memiliki kemampuan bertahan menghadapi situasi saat ini masing-masing. Yang menjadi faktor utama masalah timbulnya banyak PHK ini bisa dari konsumsi masyarakat terhadap barang-barang produksi para perusahaan itu yang menurun saat ini. Upaya pemerintah dalam menghadapi dampak pandemi pada PHK ini lewat program kartu pra kerja dari pemerintah bisa tepat sasaran. Selain itu bantuan paket sembako dari pemerintah bisa tetap menjaga daya beli atau konsumtif masyarakat.

Bupati Bogor Ade Yasin dengan tegas meminta agar segera ditutup sementara, karena pendemi covid-19 di Kabupaten bogor masih sangat berbahaya. Iqbal pun mempertanyakan apa yang dilakukan olen Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Lebih lanjut, Said Iqbal meminta agar Anies melakukan sidak ke PT Transjakarta yang merupakan perusahaan pelat merah. Apalagi, Tingkat penularan COVID-19 di perusahaan tersebut sudah lebih dari 10 persen.

Bahkan masa krisis merupakan momentum yang tepat, karena sebagian orang mengevaluasi diri dan menganggap dirinya membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk terus mengembangkan diri. Kendati terjadi fluktuasi harga komoditas karena faktor persediaan dan permintaan, namun hal itu tak akan menjadi persoalan besar hingga membuat usaha sektor ini pailit. Beberapa faktor tersebut membuat bisnis F&B sulit menjadi ‘korban’ dari krisis besar.

Disamping itu, pekerja juga wajib mengedepankan win-win answer dalam melakukan perundingan, mengingat iklim usaha yang melanda saat ini. Dua perusahaan yang menutup usahanya tersebut memutus hubungan kerja sebanyak 200 orang dengan rincian 125 pekerja di usaha pembuatan karbon aktif dan 75 orang di pembuatan tali dari serabut kelapa. Avrist berkesempatan mewawancarai tiga sahabat Avrist yang bercerita tentang perjuangan menjalankan strategi bisnis di tengah hantaman wabah. Yuk, mari menyimak kisah dan strategi bisnis pengusaha kecil ini di tengah pandemi virus corona.

“Hingga kini kondisi penghentian dan pembatasan operasional taksi Express ini masih berlangsung di segmen-segmen usaha dan entitas anak baik di Jadetabek maupun luar kota,” lanjut Johannes. “Respons perusahaan ini dikarenakan hal tersebut satu-satunya jalan untuk efesiensi di tengah masa pandemi,” kata Bambang. Berdasarkan survei yang dilakukan Kemnaker bekerja sama dengan INDEF ini, penurunan permintaan, produksi, dan keuntungan umumnya terjadi pada perusahaan UMKM, yaitu di atas ninety persen.

Theo mengatakan, dalam hal ini terbagi dua pandangan adanya yang menyatakan bisa dan ada yang tidak bisa. Namun, dirinya sendiri berpandangan bahwa PHK dengan alasan ini tidak bisa. Dapat juga terjadi adanya keadaan atau kejadian tertentu yang Agen Bola Online berlaku di perusahaan yang mengakibatkan pekerja harus mengundurkan diri. “Bila ini gagal maka dilakukan perundingan, apabila tidak berhasil juga, maka dislesaikan melalui lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial,” katanya.

Selain itu, perusahaan agar bekerjasama dengan bidang kesehatan setempat untuk penanganan apabila ada karyawan yang tertular atau pelaksanaan vaksinasi bagi karyawan. Kendati demikian, Jokowi juga memberi sinyal akan membuka sejumlah sektor ekonomi masyarakat. Pasar tradisional untuk kebutuhan pokok yang menjual kebutuhan pokok bakal diizinkan seperti biasa. PPKM stage four, Jokowi memberi sinyal akan membuka sejumlah sektor ekonomi masyarakat.

Comments are closed.