Inilah Sektor Industri Yang Bertahan Di Tengah Pandemi Covid

Inilah Sektor Industri Yang Bertahan Di Tengah Pandemi Covid

Misal, kasus big, yang mana perusahaan tersebut dapat melakukan PHK dengan alasan efisiensi,” ujarnya. “Jika kita baca Pasal 162 ini, redaksional dari setiap ayatnya, dalam hal ini ayat dan pekerja atau buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri. Sangat jelas dalam redaksional pasal ini, prinsip pengunduran diri yang dikenal dalam hukum ketenagakerjaan Indonesia atas kemauan sendiri bukan atas permintaan ataupun paksaan pengusaha,” tukasnya.

Dapat saja PHK berpotensi menaikan tingkat kriminalitas meningkat karena desakan ekonomi. Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia telah meminta pemerintah dapat mencegah pemutusan hubungan kerja secara serius di tengah pandemi Covid-19. Pengusaha tak cengeng seolah-olah semua keuntungan perusahaan yang selama ini sudah mereka dapat ikut raib akibat Covid-19. Selama ini pengusaha telah mendapat banyak stimulus pada era pemerintahan Presiden Jokowi. Disamping PHK massal, beberapa perusahaan memberikan penawaran kepada karyawannya untuk mengambil cuti tak berbayar atau dirumahkan. Dalam dinamika ketenagakerjaan di indonesia, hubungan kerja tidak serta merta berjalan dengan optimum atau dapat dikatakan mengalami permasalahan yang bisa disebabkan oleh si pekerja atau pun perusahaan.

Dalam artikel detik.com dijelaskan bahwa JC Penny mengalami kerugian hingga mengakibatkan kebangkrutan. Perusahaan melaporkan kerugian per 2 Mei 2020 mencapai USD477 juta setara Rp6,9 triliun (kurs Rp14.200/USD). Kerugian tersebut lebih besar dibandingkan tahun lalu dengan USD93 juta atau Rp1,3 triliun. Selain itu, sebanyak 390 karyawan masih bekerja saat ini juga terkena dampak, yaitu penyesuaian gaji. “Terdapat pemotongan gaji karyawan sebesar 40 persen dari total gaji per bulan yang diperkiraan akan berlangsung hingga periode yang belum dapat ditentukan,” kata dia. Johannes juga mengatakan, jumlah karyawan perseroan juga mengalami penurunan dari sebanyak 471 karyawan untuk periode 31 Desember 2019 menjadi sejumlah 390 karyawan saat ini.

Pertama adalah Pembatasan operasional taksi reguler dan taksi premium di Jadetabek maupun luar kota. Kedua pembatasan operasional pada layanan penyewaan kendaraan dan layanan limusin di Jakarta dan Bali. Berubahnya dinamika pasar, membuat tren belanja dengan format hypermarket mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, penerapan PSBB juga menghambat alur distribusi sehingga menurunkan kemampuan produksi. Industri yang biasa mendapatkan bahan baku dari luar negeri pun kesulitan karena beberapa negara asal impor menutup akses mereka, ditambah kurs greenback yang semakin melambung. Untuk Swab Antigen Premium, Bumame Farmasi menggunakan Abbott Panbio yang sudah sesuai dengan rekomendasi WHO dan banyak dipakai di berbagai negara maju.

“Kami pun sekaligus sosialisasi pentingnya penggunaan masker untuk menekan penyebaran Covid-19 di Bali. Kami juga terus memberikan edukasi agar para pekerja mengetahui manfaat mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya. Theo mengatakan, yang dimaksud adalah diakibatkan oleh PSBB yang dilakukan pemerintah. Sehingga kata Theo, pengusaha menjadi tidak bebas seperti memasarkan maupun menjualkan. Mekanisme penyaluran tenaga kerja lulusan program, kendala saat pendaftaran, dan proses sangat selektif sehingga banyak yang tidak diterima turut menjadi perhatian Beka karena prosedurnya tidak jelas. Dari 721 pekerja yang di-PHK tersebut, 241 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 480 orang lainnya merupakan perempuan. Dimana mereka yang di-PHK adalah mereka yang masa kerjanya memang sudah habis.

Banyak perusahaan tutup karena covid

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri menyebut sudah banyak perusahaan yang hampir mengajukan kepailitan sejak wabah pandemi virus corona. Karenanya, pemerintah disarankan untuk memberikan bantuan yang efektif untuk menangani hal tersebut. Namun, apabila berbagai upaya dan usaha telah dilakukan tidak mencapai titik temu, sehingga kebijakan PHK tidak dapat dihindari, maka perusahaan memiliki kewajiban memenuhi hak-hak karyawan akibat PHK. Hal yang terbaik dan wajib dilakukan adalah melakukan perundingan bersama antara pengusaha dan pekerja yang menyangkut pemenuhan hak-hak pekerja.

Sektor-sektor tersebut mampu bertahan meski tidak mengalami kinerja yang signifikan. Apalagi kebijakan PPKM Darurat yang dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus Corona, memaksa pasar dan pertokoan tutup atau dibatasi. LaNyalla menilai, keadaan tersebut memukul langsung pengusaha kecil dan menengah.

Di Bolivia, Myanmar, Kenya, Uganda, Indonesia, Honduras, dan Ekuador, lebih dari 70% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka membawa pulang lebih sedikit uang dibanding sebelum pandemi merebak. Terkait dengan legalitas sebaiknya gunakan legalitas yang sudah ada di perusahan. Namun, jika legalitas itu terkait dengan perizinan produk barang/jasa yang dijual sebaiknya perusahaan segera mengurusnya.

Kondisi saat ini sudah luar biasa, perusahaan harus arif dalam membuat kebijakan. Lakukan penjadwalan pembayaran kompensasi, berikan sesuai kemampuan saat ini dan Slot Online Terpercaya sisanya sesuai jadwal yang ditentukan. Sejumlah lapas dan rumah tahanan di Jawa Tengah berhasil membina warga binaan untuk memproduksi Alat Pelindung Diri .

Keempat, kebutuhan pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan setelah pandemi berkaitan dengan teknologi, baik teknologi informasi maupun teknologi industri. Industri yang mampu bertahan di masa pandemi COVID-19 di antaranya industri gasoline, listrik, air bersih, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, otomotif, dan perbankan. Keseluruhannya terkait dengan kebutuhan dasar, sehingga diprediksi masih akan bertahan meski diterpa pandemi.

Comments are closed.