Benarkah Ramuan Air Kelapa Muda, Garam, Dan Jeruk Nipis Bisa Atasi Virus Corona?

Benarkah Ramuan Air Kelapa Muda, Garam, Dan Jeruk Nipis Bisa Atasi Virus Corona?

Apa saja tanaman natural yang dapat mencegah COVID-19 mungkin terus menjadi pertanyaan banyak kalangan untuk mengatasi pandemi ini secara alami dari rumah. “Sampai saat ini pengembangan obat belum ada yang bisa di klaim ataupun diindikasikan untuk obat Covid -19. Pengembangan vaksin sekarang sedang berjalan, Badan POM mengawal untuk memastikan bahwa obat ini nantinya akan aman digunakan dalam rangka pencegahan ataupun treatment dalam Covid-19,” kata Togi. Di Cina, penggunaan beragam obat natural pun telah dicoba pada ninety two,4% pasien di Negeri Tirai Bambu tersebut – dengan laporan hasil yang sangat baik. Faktanya, BPOM menyetujui peredaran obat herbal Lianhua Qingwen untuk meredakan panas dalam dan batuk, bukan untuk mengobati pasien Covid-19 ataupun sebagai obat yang dapat menyembuhkan Covid-19.

Dalam konteks Indonesia, pemanfaatan natural dalam tata laksana Covid-19 masih dilakukan secara sporadis dan belum dinyatakan secara resmi dalam bentuk panduan resmi tata laksana Covid-19. Sehingga pernyataan sembuh didapat sebagai hasil testimoni dan bukan sebagai hasil penelitian uji klinik yang menyeluruh. Hal ini membuat peluang penelitian lanjutan masih terbuka sangat lebar bagi pemanfaatan herbal dalam terapi Covid-19 secara in vitro, in vivo maupun in silico. “Sejauh ini Badan POM belum menyetujui obat herbal, baik itu OHT, jamu, dan fitofarmaka, yang klaimnya dapat menyembuhkan Covid-19,” kata dr Reri dikutip dari webinar daring di kanal YouTube BPOM, Kamis 27 Mei 2021.

Para peneliti mencoba berbagai macam cara agar bisa segera menemukan vaksin covid. Hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi covid dan melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan diri. Saat ditanya tentang obat herbal penawar virus corona, Ahmad Rusdan Utomo, Ph.D, ahli dan peneliti biologi molekuler, menepis kebenaran berita tersebut. Beberapa waktu lalu, beredar pernyataan pria yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan mengaku menemukan obat herbal untuk atasi virus corona.

Obat covid herbal

Sehingga tidaklah masuk akal apabila pengidap virus hepatitis B atau C dijauhi, disingkirkan atau dipersulit dalam kehidupan sehari-hari. Virus hepatitis C ditularkan melalui cara serupa dengan virus hepatitis B. Perbedaannya virus hepatitis C hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya, namun dengan kemajuan pengobatan yang ada saat ini virus hepatitis C bisa dimatikan dan dihilangkan dari tubuh hingga sembuh sempurna. Sebelumnya BPOM menegaskan, produk yang tidak direkomendasikan hanya produk LQC donasi dan tidak memiliki izin edar, sementara produk LQC lainnya yang memiliki izin edar sebagai obat tradisional tidak dicabut izin edarnya oleh BPOM. Lebih lanjut Zullies menyampaikan bahwa poduk Lianhua Qingwn Capsules merupakan natural yang biasanya digunakan untuk meringankan gejala influenza. Namun demikian, saat ini terjadi kekeliruan informasi di masyarakat terhadap produk ini.

Dengan menggunakan struktur mannequin pada virus corona senyawa-senyawa propolis diujikan untuk melihat apakah dapat membentuk ikatan pada virus corona bila dibandingkan dengan ikatan senyawa N3. Lalu, bagaimana posisi obat natural atau tradisional untuk menangkal virus corona maupun pengobatan pasien Covid-19? Ahli Penyakit Dalam Konsultan Paru, dr. Ika Trisnawati, M.Sc., Sp.PD,K-P., menyebutkan bahwa obat herbal menjadi suplemen pendukung dalam pengobatan penyakit termasuk Covid-19.

Awalnya dia tidak menyangka terkonfirmasi positif Covid-19, sejak 15 Oktober 2020 lalu usai uji swab di Balikpapan. Saat mempromosikan larutan tersebut, Japarov juga mendesak warganya untuk memakai masker dan menjalani vaksinasi. Sejauh ini, baru 4.000 warga yang menerima dosis vaksin corona di negara berpenduduk 6 juta jiwa itu. Dia kini tengah melakukan isolasi mandiri dan mengklaim terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah. Ramuan herbal yang rutin diminum oleh Novel setiap hari adalah ramuan kunyit dan kencur.

Comments are closed.