6 Tanda Kamu Kena Gaslighting Dalam Rumahtangga

6 Tanda Kamu Kena Gaslighting Dalam Rumahtangga

Istilah gaslighting adalah bentuk kekerasan emosional, yang namanya diambil dari sebuah movie berjudul Gaslight. Dalam film itu, diceritakan seorang suami berusaha untuk membuat istrinya merasa “gila”, padahal sebenarnya tidak. Efek dari gaslighting tentu negatif dan akan mempengaruhi kondisi emosional korban dalam waktu yang lama. Yang pertama, korban harus menjauhi si pelaku dan memutuskan hubungan yang terjadi antara mereka. Tidak hanya itu, komunikasi yang bisa berpotensi untuk mendekatkan lagi juga harus dijauhi.

Beritajatim.com adalah media online berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur. Kamu merasa tidak bebas mengekspresikan dirimu, merasa gugup dan tegang di depan gaslighter. Pasalnya, gaslighter selalu memegang kendali atas hidup kamu dengan membuat kamu merasa tidak berdaya.

Apa itu gashlighthing

Misalnya, “Sahabatmu nggak bakal mau jalan-jalan sama kamu, mereka jelas-jelas lebih milih pergi sama temen barunya. Kamu seharusnya jadi jauh lebih baik sekarang kalau kamu nggak pernah berteman sama dia.” Jika kamu merasa terluka, frustasi, bingung, tertekan, cemas, atau tidak berharga karena mendapatkan pelecehan emosional, cobalah cari pertolongan atau bicarakan dengan orang terdekat yang kamu percayai. Agar terhindar dari dampak buruk akibat pelecehan emosional, mulai saat ini fokuskan pikiran terhadap diri sendiri. Cara pertama untuk terhindar dari pelecehan emosional adalah membatasi atau memutus hubungan dengan pelaku. Tumbuhkan keberanian untuk membela diri dengan cara meminta pelaku agar tidak lagi berkata kasar, membentak, atau menghina.

Kadang-kadang ketika dikonfrontasi atau ditanyai, seorang gaslighter akan menggunakan kata-kata yang baik dan penuh kasih untuk mencoba memuluskan situasi. Penyangkalan ini juga dapat membuat korban sangat sulit untuk bangkit atau pulih dari penindasan atau kekerasan. Jangan biarkan rencana kita digagalkan oleh perilaku kekerasan, yang kemungkinan besar akan meningkat setelah mengetahui niat kita untuk keluar dari hubungan tersebut. Gaslighting ditandai dengan perilaku pasangan yang mencoba untuk menjauhkan kita dari orang-orang yang kita sayang.

Para pelaku melakukan hal ini agar pasangan mereka tidak dapat mencari bantuan lainnya dan merasa tidak dicintai oleh orang lain, selain pasangannya. Good Therapy, orang yang mengalami gaslighting ‘dipaksa’ untuk memutus Agen Bola Online tali pertemanan dan keluarga mereka. Suami berulang kali mengatakan bahwa istrinya mengingat hal-hal secara tidak benar dan menyangkal kenyataan, kendati sang suamilah yang sengaja mengubah lingkungan di rumah mereka.

Saat ada seseorang disekitar korban yang tidak menyukainya, dia selalu berusaha untuk mengalihkan perhatian korban dari suatu topik. Mereka tahu betapa berharganya keluarga, hobi, atau kariermu sehingga bila kamu melakukan konfrontasi, hal-hal itulah yang menjadi senjata mereka untuk menyerang dirimu. Mereka bisa menyerang kepercayaan dirimu dengan mengatakan kamu tak pantas punya hal berharga itu karena kamu punya banyak kekurangan hingga akhirnya kamu rapuh dan tak berdaya.

Gitu aja baperan” “sifatmu yang membuat kejadian buruk seperti ini” sering mendengar ucapan ini? Tanpa sadar jika dilakukan secara terus menerus terhadap vital individual, bisa jadi inilah sebab dari hubunganmu yang dianggap sebagai toxic loh! Terutama jika calon korban tersebut memiliki relasi kuasa dengan si penyebab gaslighting.

Comments are closed.