5 Tanda Kamu Menjadi Korban Gaslighting

5 Tanda Kamu Menjadi Korban Gaslighting

Merasa sedang dalam situasi yang buruk, tetapi Balamuda tidak tahu apa situasi buruk tersebut. Karena takut melakukan banyak kesalahan, ia mengungkap, orang yang dimanipulasi akan selalu meminta pendapat untuk melakukan apapun karena takut melakukan banyak kesalahan. Manipulator ulung membutuhkan perhatian serta pujian, lebih parahnya mereka sering menggunakan manipulasi sebagai cara untuk mencapai tujuan pribadi mereka. Selain itu, mereka tidak mampu berempati dan tidak memiliki kemampuan serta minat untuk memahami apa yang dirasakan serta dialami orang lain. Mereka akan meremehkan dengan bilang “Jangan berlebihan, deh” atau “Kamu harus mengasihani diri sendiri”. Kejahatan yang dilakukan oleh Charles ini seolah meyakinkan bahwa istrinya gila.

Apa itu gashlighthing

Perasaan ini itu ditimbulkan seolah-olah ditimbulkan dari diri kita, padahal sebenernya itu adalah hasil dari manipulasi pelaku. Seperti pada akhir film gaslight, Paula yang menyadari bahwa selama ini Gregor telah memanipulasinya bangkit dan melepaskan diri dari pengaruh Gregor. Walaupun sulit, Paula pada akhirnya lebih memilih untuk mempercayai dirinya dibandingkan dengan apa yang selama ini telah dikatakan oleh suaminya. Tentunya terdapat dampak psikis ketika korban mengalami gaslighting seperti cemas sampai depresi.

Perlu disampaikan bahwa dalam kasus KDRT/RP yang paling menonjol adalah kekerasan fisik four.783 kasus (43%), disusul kekerasan seksual sebanyak 2.807 kasus (25%), psikis 2.056 (19%) dan ekonomi 1.459 (13%). Ironinya, kasus-kasus yang paling mendominasi dalam hubungan percintaan atau kekeluargaan adalah perempuan, meskipun tidak dipungkiri pula adanya kekerasan terhadap laki-laki namun sangat sedikit sekali. Salah satu indikasi bahwa kamu terjerembap dalam kubangan gaslighting adalah, kamu selalu lebih sering minta maaf ketika ada konflik. Kamu lebih sering membuat alasan untuk perilaku pasanganmu, kamu mulai menyalahkan diri sendiri serta mulai ragu dengan persepsimu sendiri. Manusia sebagai makhluk sosial tentu harus menjalin hubungan antar manusia. Perlu diingat, gaslighting berbeda dengan konflik perbedaan pendapat dengan pasangan.

Untuk keluar dari atau menghentikan situasi gaslighting, lakukan langkah demi langkah, kata Stern. Jangan terlibat dalam argumen yang jelas-jelas merupakan perebutan kekuasaan. Dikutip dari Bright Side, seorang Situs Slot Gacor ahli komunikasi Preston Ni memberikan banyak cara sederhana untuk membantu seseorang menghindari gaslighting. Gaslighting terjadi ketika seseorang menggunakan kepentingan orang lain untuk menguntungkan dirinya.

Tidak hanya mengganggu lingkungannya dan membuatnya percaya bahwa dia gila, tetapi sang suami juga melakukan kekerasan dan mengendalikannya, memisahkannya dari keluarga dan teman. Dalam konteks hubungan asmara, perilaku gaslighting dari pasangan bisa jadi rumit. Hal ini karena korban bisa saja tidak menyadari karena telah menerima perilaku gaslighting terlalu sering dalam waktu lama sehingga mewajarkan hal tersebut.

Comments are closed.